Selasa, 17 Juli 2018

Hubungan Internasional


Kali ini saya akan membahas mengapa saya memilih jurusan Hubungan Internasional,langsung saja ya teman-teman.
Program Studi (atau prodi) Hubungan Internasional FISIP UMM merupakan salah satu jurusan yang di kampus oleh FISIP UMM. Dengan akreditasi A, prodi ini memberikan pengajaran berkualitas tentang cara memahami, menjelaskan, dan menganalisa berbagai fenomena hubungan internasional, dan membantu pihak-pihak yang terkait untuk terhubung dan bekerja sama sehingga tercapai kerja sama internasional dan perdamaian dunia. Dengan pemahaman atas masalah dan fenomena internasional ini, lulusan Prodi Hubungan Internasional diharapkan dapat ikut serta berperan aktif di dalam
profesi yang terkait dengan bidang ini, baik di sektor pemerintahan, riset, pendidikan, dan sektor lainnya, baik di tingkat nasional maupun internasional. Karena itulah Prodi Hubungan Internasional banyak memberikan keterampilan untuk berinteraksi dalam pergaulan internasional yang menyangkut hubungan antarnegara. Pada cakupan yang lebih dalam, pergaulan Internasional ini menyentuh interaksi di antara organisasi internasional dan perusahaan multinasional.
Ke Mana Setelah Lulus dari Jurusan Hubungan Internasional?

Setelah semua diskusi kuliah tentang dinamika wilayah, kemanakah kamu setelah lulus dari Prodi Hubungan Internasional? Well, banyak sekali pilihannya. Beberapa profesi di bawah ini adalah contohnya.
§  Duta besar: Salah satu profesi dari diplomat, dan yang paling terkenal, duta besar, berada di bawah Kementerian Luar Negeri. Seorang duta besar harus dapat memahami isu-isu internasional, khususnya bagi negara yang diwakillinya. Diskusi dan pemahaman dinamika wilayah pada mata kuliah Hubungan Internasional di atas akan membekali kamu untuk dapat menjadi duta besar yang benar-benar dapat menjalankan tugasnya.
§  International officer: Merupakan orang yang bekerja khusus untuk menangani kasus atau permasalahan internasional. Seorang International Officer dapat bekerja di beberapa institusi, seperti Kementerian Luar Negeri, Kedutaan besar, Konsulat, Atase ataupun LSM asing (atau yang dikenal dengan nama INGO–International Non-Governmental Organization). Posisi sangat ideal untuk ditempati oleh lulusan Prodi Hubungan Internasional yang dapat mengintegrasikan seluruh materi dalam perkuliahan dan menuangkannya menjadi tindakan nyata.
§  Peneliti: Meneliti isu-isu internasional. Bekerja untuk mendapatkan solusi dari masalah internasional yang ada. Seorang lulusan Prodi Hubungan Internasional yang memahami hukum internasional dan kasus-kasus yang sedang Internasional hot topics memiliki keterampilan untuk meneliti permasalahan internasional dan menjadikannya cocok untuk posisi ini.
§  Politisi: Selalu peka dan dituntut aktif terhadap isu-isu politik yang erat kaitannya dengan persoalan negara, membuat seorang lulusan Hubungan Internasional memiliki kemampuan politik yang baik.
§  Jurnalis/wartawan: Menjadi jurnalis atau wartawan berarti mewajibkan diri untuk selalu berpikir kritis, analitis, dan mengetahui perkembangan dunia terkini. Sikap tersebut merupakan sikap yang sewajarnya ada dalam diri lulusan Prodi Hubungan Internasional, dan karenanya menjadikan pekerjaan ini sebagai salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan Prodi Hubungan Internasional.
§  Akademisi/dosen: Bila kamu benar-benar menguasai segala hal yang berkaitan dengan teori ataupun praktik dari suatu bidang keilmuan, kamu tentu akan memiliki peluang sebagai seorang akademisi atau tenaga pengajar atau dosen. Jika kamu benar-benar menyukai segala hal yang berkaitan dengan teori dan praktik pada ilmu Hubungan Internasional, dan kamu suka membagikan ilmu kamu, maka menjadi dosen pada Prodi Hubungan Internasional adalah pekerjaan yang cocok untuk kamu.
Selain di atas, tentu masih banyak lagi pekerjaan-pekerjaan yang dapat dijalani oleh lulusan Hubungan Internasional. Semua pekerjaan yang berkaitan dengan interaksi internasional dan berpotensi untuk bersentuhan dengan hukum internasional adalah pekerjaan yang cocok untuk lulusan prodi ini.
Jadi itulah mengapa saya memilih jurusan ini,saya berharap bisa menuntut ilmu dengan baik dan menjadi lulusan terbaik di UMM dan dapat membawa nama baik kampus UMM kelak. Semoga ilmu ini bermanfaat bagi saya. Terimakasih sudah membaca!💛

Tidak ada komentar:

Posting Komentar