Selasa, 17 Juli 2018

Teknologi Musik dari Jaman Old - Jaman Now


Siapa hayo kalau kemana-mana selalu dengerin musik? Belajar dengerin musik,galau dengerin musik,senang dengerin musik,bahkan mau tidur pun dengerin musik. Rasanya musik tidak akan pernah bisa lepas dari kehidupan kita ya teman-teman.  Yap! sesuai judulnya Nidya ingin membahas perkembangan teknologi pemutar musik dari zaman “old” hingga zaman “now”. Penasaran?

Teknologi pemutar musik yang semakin maju membuat pemutar jaman dahulu tersingkirkan. Sejatinya musik adalah bagian dari kehidupan. Tidak hanya itu, ternyata musik juga dapat mempengaruhi gaya hidup seseorang secara dratis. Rasanya mustahil jika kita hidup tanpa musik. Musik tidak harus berasal dari ciptaan manusia,dari alam pun bisa teman. Di zaman canggih seperti sekarang musik dapat didengarkan melalui player atau pemutar musik. Hal ini karena format musik sudah menggunakan audio digital. Yang sekarang dikenal dengan mp3 player dulunya adalah pemutar musik biasa yang berkembang menuruti perkembangan zaman. Dulu, format musik bukanlah digital analog seperti sekarang. Dulu musik direkam dan diputar dengan peralatan yang masih konvensional. Dari mulai blackplate/piringan hitam, kaset pita hingga CD ,semuanya telah berkembang hingga kini menggunakan format digital. Kehebatan dunia digital sudah mulai mengambil alih kejayaan analog jaman dulu.
Perkembangan teknologi musik
·         Piringan hitam
Dahulu piringan hitam sangat populer terutama awal abad ke-20. Penemu pertamanya adalah Kevin Gerald yang menggunakan pemutar piringan hitam (phonograph) sebagai alat membunyikan musik. Sejak masa pertengahan abad 20 ,teknologi pemutar musik piringan hitam meluas ke seluruh dunia. Namun karena harga piringan cukup mahal yang memilikinya hanya orang kelas menengah atas saja,lagu lagu yang diputar menggunakan mesinGramaphone ini juga cenderung klasik dan berupa instrumental.
·         Kaset hitam
Alat ini diperkenalkan oleh Philips pada tahun 1963 sebagai media penyimpanan dan pemutar musik. Dua tahun setelahnya, Compact Audio Cassette diproduksi secara masal. Sejak tahun 70an produsen tape dari berbagai Negara mulai membuat alat pemutar kaset yang kita kenal dengan tape recorder. Pada tahun 1980an, Sony menciptakan Walkman sebagai alat pemutar musik portable. Keunggulan kaset daripada piringan hitam adalah bentuknya yang lebih ringkas dan juga pemutarnya yang bisa dibawa kemana-mana. Tapi, keawetan kaset pita ini tidak lebih lama dari piringan hitam. Terkadang kaset pita ini juga dapat kusut sehingga akan mengurangi kualitas lagu yang sedang diputar. Seiring dengan waktu akibat penggunaan, kualitas suara akan berkurang dan harus digantin dengan kaset baru.
·         CD Player
Teknologi Pemutar Musik Digital Audio Tape mulai diperkenalkan sejak tahun 90an. Penyimpanan audionya ada 2 versi, yakni menggunakan Compact Disk (CD) dan sejenis pita kaset yang berukuran lebih kecil dari pita kaset pada umumnya. Bentuknya lebih kecil dari piringan hitam dan kapasitas penyimpanannya lebih besar daripada kaset pita. Pada saat awal kemunculannya, produsen CD tidak berani untuk langsung bermain di pasar global karena kelemahan DAT yang disimpan dalam CD, bisa di-copy ke CD lain sama persis kualitasnya tanpa ada distorsi. Lalu berkembang ada VCD, DVD, yang tidak hanya memutar musik namun juga video.
·         MP3
Mungkin inilah format paling mutakhir dari media penyimpanan dan pemutar audio. Saat itu musik mengalami proses digitalisasi. Dengan adanya format MP3, WAV, WMA, dll, maka sekarang musik ataupun file audio lainnya bisa diputar dengan MP3 player dan platform lain, misalnya macbook pro terbaru. Hari ini, MP3 player sangat beragam jenisnya, ada yang masih berukuran besar adapula yang sangat kecil. Anda hanya membutuhkan memori MicroSD yang memiliki ukuran sangat kecil sebagai media penyimpanannya.
Itulah perkembangan teknologi pemutar Musik dari jaman dulu hingga sekarang. Ternyata file audio telah mengalami transformasi yang cukup panjang sehingga tercipta MP3 player seperti sekarang ini. Hingga saat ini kualitas alat pemutar musik ini sudah sangat berkembang sehingga dapat terus memanjakan telinga anda sebagai penikmat musik. Sekian penjelasan dari saya terimakasih sudah membaca!💛

Tidak ada komentar:

Posting Komentar